R E K H A

Ketika email yang sudah dikirim masuk ke spam folder, kesempatan email untuk dibaca oleh penerima sangat kecil. Mengapa email yang dikririmkan bisa masuk ke spam folder?

Ada beberapa kemungkinan email bisa masuk ke spam folder, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Reputasi IP yang buruk
  • Konten email
  • Tidak menerapkan best practice on email protection

Reputasi IP yang buruk

Reputasi IP yang buruk tidak bisa dilihat dari bersihnya IP tersebut dari daftar blacklist RBL, reputasi IP yang buruk bisa juga terjadi dikarenakan history penggunaan IP dimasa lalu, apabila IP tersebut pernah digunakan untuk blast email, maka ada kemungkinan reputasi IP tersebut sudah tidak bagus lagi.

Konten Email

Konten email juga sangat berpengaruh kepada email yang masuk ke spam folder. Untuk memastikan email tidak masuk ke spam folder pengirim bisa memastikan tidak menggunakan huruf kapital baik dalam isi email ataupun subjek. Pastikan juga apabila email dilakukan untuk blast email dipastikan untuk content emailnya ditambahkan link untuk unsubcribe sebagai salah satu cara untuk mencegah hal tersebut.

Tidak Menerapkan Best Practice on Email Protection

Dalam setiap email server diperlukan best practice untuk email practice, dari sisi administrator email pun harus paham apa saja yang harus dilakukan untuk menerapkan best practice tersebut. Dimana pada best practice, biasanya terdapat konfigurasi SPF, DKIM, DMARC, PTR, dan SMTPD Banner. Konfigurasi tersebut bisa dikatakan sangat penting terhadap email server. Karena menyangkut reputasi email yang dikirimkan dari mail server.

Solusi

Apabila kalian sudah memperhatikan hal diatas dan email masih masuk ke spam folder ada solusi yang dapat diterapkan, yaitu menggunakan SMTP Relay. Rekha menyediakan SMTP Relay dan berkomitmen untuk membantu para pengguna yang mengalami kendala tersebut dengan menyediakan SMTP Relay. Klik LINK berikut untuk mengetahui lebih lanjut terkait SMTP Relay yang diisediakan oleh Rekha.

Sekian artikel terkait mencegah email masuk ke spam folder. Jika para pembaca yang ingin mengetahui ataupun bertanya tentang SMTP Relay, Zimbra, Lisensi Zimbra, serta Professional Services untuk kebutuhan server Zimbra pembaca lebih lanjut. Silahkan hubungi kami di info@rekha.co.id atau WhatsApp ke 0851-5532-4400

Related Post

No Comments

Leave a Comment

Recent Posts

Open chat
Hubungi Kami
Hallo, ada yang bisa kami bantu?