R E K H A

Jika pada Single Server semua paket diinstal pada node yang sama, pada Multi-Server tipikal, masing-masing layanan yang digambarkan dalam kotak merah (yaitu, Komponen Core) harus diinstal pada node khusus, sementara semua layanan lainnya (yaitu, pada node yang sama) harus diinstal pada node yang sama. , Komponen Opsional dalam kotak oranye) dapat digabungkan dan diinstal pada node mana pun, bahkan pada node khusus.

Misalnya, Manajemen Pengguna dapat diinstal pada node AppServer, bukan pada node khusus. Dalam skenario Instalasi Multi-Server yang kami gunakan sebagai contoh, kami menunjukkan cara menyiapkan cluster yang terdiri dari enam node dan menggabungkan berbagai peran. Peran adalah fungsionalitas yang dianggap atomik dan dapat ditambahkan ke Carbonio CE dengan menginstal satu atau lebih paket perangkat lunak.

Fig. 1 Simplified architecture of Carbonio CE.
Gambar 1 Arsitektur Carbonio CE yang disederhanakan.

Pada Gambar 1, dependensi dilambangkan dengan kotak yang bertumpuk di atas kotak bawah. Dengan kata lain, semua paket *-UI, yang berisi file yang diperlukan untuk menampilkan Modul kepada pengguna, harus diinstal pada Node Proxy.

Paket -UI menyediakan file front-end untuk mengakses layanan dari browser atau aplikasi seluler.

Kasus khusus diwakili oleh peran Postgres/DB-Connection. Meskipun Carbonio CE dapat diinstal untuk berkomunikasi langsung dengan database Postgres, disarankan untuk menginstal middleware (PgPool-II) agar tidak bergantung pada database yang mendasarinya dan dapat melakukan penskalaan tanpa perlu mengonfigurasi beberapa Postgres instance atau bahkan cluster Postgres.

Core Components

Core Components diperlukan karena menyediakan fungsi dasar Carbonio CE: memungkinkan pengguna mengirim dan menerima email dengan aman serta mengelola kalender dan kontak mereka. Mereka

Directory ServerIni digunakan untuk mengelola konfigurasi infrastruktur dan penyediaan pengguna dan domain.
ProxyProx dibutuhkan untuk reverse proxy yang bertindak sebagai titik akses pusat ke akun Email. Ini juga mencegah akses publik dan langsung ke AppServers dan layanan backend lainnya. Node ini adalah satu-satunya tempat paket -UI dapat diinstal.
MTAThe MTA is the engine room of Carbonio CE. Its duties include email transfer and forwarding, filtering, and other services to keep email clean and secure.
AppServerServer Aplikasi menyediakan login aplikasi untuk mengelola dan menyimpan data akun, misalnya email, kontak, dan janji temu kalender. Di lingkungan kecil mungkin terdapat satu atau dua node AppServer, namun lebih banyak lagi yang dapat ditambahkan ke infrastruktur yang besar atau berkembang.
Carbonio MeshCarbonio Mesh mengelola keamanan dan menyediakan perutean yang toleran terhadap kesalahan antar node instalasi Multi-Server. Agar bisa beroperasi dengan baik, minimal harus ada satu Carbonio Mesh Server, yang idealnya harus terinstal pada Directory-Server Node, sedangkan semua node lainnya harus menginstal Carbonio Mesh Agent.
Carbonio MonitoringCarbonio Monitoring merupakan pengganti Role Logger sebelumnya. Dibandingkan dengan sistem pemantauan syslog standar, Carbonio Monitoring adalah fasilitas log terpusat yang menyimpan pesan log ke dalam database, sehingga memungkinkan administrator menyimpan riwayat lengkap peristiwa di sistem dan mempermudah pencarian peristiwa masa lalu.

Perhatikan juga bahwa node Proxy dan MTA harus memenuhi persyaratan berikut agar dapat berfungsi dengan baik:

  • nama host mereka harus diselesaikan dari klien internal dan eksternal
  • mereka memiliki catatan FQDN dan PTR, MX, dan A yang valid yang dikonfigurasi di server DNS
  • mereka dapat dijangkau dari Internet

Optional Components

Dengan komponen opsional, kami menunjukkan semua peran Carbonio yang menambah fungsionalitas pada komponen inti dan ditandai dengan kotak oranye pada Gambar 1. Dalam instalasi Multi-Server, peran tersebut dapat diinstal pada node mana pun, asalkan dependensinya dihormati.

  • Files-CE. File-CE. Memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi dokumen. Peran ini juga mencakup Files-ui dan Files-db, yang menyediakan file antarmuka pengguna untuk Files-CE dan skrip untuk menginisialisasi database Carbonio Files dan koneksi ke sana, dan Storages-CE.
Storages-CE harus unik dalam instalasi Carbonio CE.
  • DB-connection. Disediakan oleh paket carbonio-files-db dan carbonio-mailbox-db, peran ini memiliki tanggung jawab untuk memungkinkan komunikasi antara Carbonio CE dan database. Penggunaan Pgpool-II akan meningkatkan fleksibilitas dan skalabilitas dalam pengelolaan instans DB.
  • Preview-CE. Peran untuk membuat gambar mini dokumen untuk dipratinjau..
  • Docs-CE. Terdiri dari docs-connection-CE, docs-editor, dan docs-core serta menyediakan fungsi pengeditan kolaboratif.
Dalam instalasi Multi-Server, hanya ada satu contoh Docs-CE.
  • User Management.Ini mendaftarkan status pengguna (masuk atau keluar) dan atribut pengguna (misalnya, di AppServer mana pengguna masuk).
  • Admin Panel. Pusat administrasi inti untuk mengelola opsi konfigurasi Carbonio CE
Logger Components, yang didasarkan pada kumpulan file CSV berbasis cron, sudah tidak digunakan lagi. Kami berupaya untuk mengintegrasikan sistem pemantauan berbasis metrik ke dalam Carbonio CE, berdasarkan teknologi Prometheus.

Supported Mail Protocols

Carbonio CE mendukung protokol berikut:

  • POP3 dan POP3S
  • SMTP dan protokol amannya SSMTP dan SPTMS (SMTP melalui TLS/SSL)
  • IMAP dan protokol amannya IMAPS (IMAP melalui SSL)

Ingin Tahu Lebih banyak tengang Zextras Carbonio ?

Jika para pembaca yang ingin mengetahui ataupun bertanya tentang informasi seputar Zextras Carbonio lebih lanjut. Silahkan hubungi kami di info@rekha.co.id atau WhatsApp kami ke 0851-5532-4400

Related Post

No Comments

Leave a Comment

Recent Posts

Open chat
Hubungi Kami
Hallo, ada yang bisa kami bantu?