Setelah melakukan Instalasi Zimbra 9 pada artikel sebelumnya. Pada artikel kali ini, kita akan memahami status account Zimbra, dimana status account pada Zimbra cukup beragam dan bermacam-macam bedanya.
Sebagai email admin zimbra, kita harus mengetahui apa saja macam-macam status account zimbra dan apa saja perbedaannya dari masing-masing status tersebut. Jadi kita dapat tepat memilih atau memberikan status account dalam kondisi tertentu.
Berikut adalah macam-macam dan perbedaan status account pada Zimbra.
Active : Ini adalah normal status untuk account. User dapat login ke client interface dan email yang ditujukan ke user tersebut dapat terkirim.
Maintenance : Ketika account status dirubah menjadi menjadi maintenance. User tidak dapat login namun untuk email yang ditujukan ke user tersebut akan ditahan di antrian MTA (queue).
Pending : Status pending ini menurut kami digunakan pada saat ada karyawan/user baru yang akan menggunakan Zimbra tapi hanya dipersiapkan dahulu oleh email admin. Karena account yang statusnya pending user tidak akan bisa login dan email email yang ditujukan ke user tersebut akan ditolak dan mengirimkan email bounce back.
Locked : User tidak dapat login namun email yang ditujukan ke email tersebut tetap terkirim. Biasanya status ini digunakan pada saat terdapat account yang suspect / terkena hack.
Closed : Status ini sebenarnya sama seperti pending. User tidak akan bisa login dan email email yang ditujukan ke user tersebut akan ditolak dan mengirimkan email bounce back. Tapi biasanya status ini digunakan jika user sudah resign / account tersebut sudah tidak digunakan lagi. Jika user menjadi closed, maka user tersebut secara otomatis akan keluar dari seluruh member distribution list.
LockOut : Status ini akan aktif secara otomatis jika user mencoba login namun salah memasukkan password sebanyak waktu yang ditentukan. User tidak dapat login namun email yang ditujukan ke email tersebut tetap terkirim. Namun policy ini harus diaktifkan terlebih dahulu.
Sekian artikel terkait Status Account Zimbra. Jika para pembaca yang ingin mengetahui ataupun bertanya tentang Zimbra, Lisensi Zimbra, serta Professional Services untuk kebutuhan server Zimbra pembaca lebih lanjut. Silahkan hubungi kami di info@rekha.co.id atau WhatsApp ke 0851-5532-4400