Beberapa waktu lalu dari pihak zimbra mengumumkan untuk menunda melakukan proses update patch karena ditemukan kendala, sehingga meminta seluruh pengguna zimbra melakukan penundaan patch.
Berikut adalah pernyataan resmi dari Zimbra terkait pembaruan pada rilist Patch Zimbra Juni 2022 :
Halo mitra, pelanggan, komunitas, dan teman Zimbra,
Pertama-tama saya ingin meminta maaf atas masalah yang dipicu oleh rilis patch baru-baru ini. Saya tahu bahwa banyak orang mengandalkan layanan yang ditawarkan oleh produk kami dan ketika kami tidak mengeksekusi dengan baik, dampaknya dirasakan oleh pelanggan. Sementara kita melakukan upaya untuk mencegah masalah, ada kalanya upaya itu tidak cukup.
Apa yang telah terjadi:
Setelah merilis Zimbra 8.8.15 patch 32 dan 9.0.0 patch 25, kami menyadari ada cacat yang akan mempengaruhi sejumlah pengguna. Upaya kami menghapus ketersediaan tambalan merusak kemampuan semua orang untuk menginstal produk atau memperbarui ke tambalan lain. Ini terjadi bertepatan dengan rilis informasi tentang masalah keamanan yang tercakup dalam rilis patch sebelumnya (8.8.15 patch 31 dan 9.0.0 patch 24). Kepanikan atas masalah keamanan mendorong sejumlah orang untuk mencoba memperbarui, hanya untuk mengetahui bahwa mereka tidak bisa.
Di mana hal-hal berdiri:
Patch untuk Zimbra 8.8.15 dan 9.0.0 telah tersedia sekali lagi dengan masalah pemblokiran teratasi. Masalah repositori paket telah diperbaiki, memperbaiki masalah dengan instalasi dan upgrade. Setiap orang sekarang harus dapat menginstal dan meningkatkan tanpa masalah.
Apa yang telah kita pelajari:
Gerbang rilis jaminan kualitas kami gagal mengungkap masalah yang ada dalam rilis patch. Meskipun kami telah mengidentifikasi celah spesifik yang terkait dengan rilis patch, kami akan melakukan evaluasi penuh atas proses kami untuk memastikan hasil yang lebih baik di masa mendatang.
Proses rilis kami tidak memperhitungkan penarikan kembali rilis dengan benar karena masalah. Ini telah diperbaiki dan kami memperluas sumber daya kami yang memiliki pengetahuan tentang proses redundansi.
Bergerak kedepan:
Saya ingin berterima kasih secara pribadi kepada mitra kami, pelanggan, anggota komunitas, dan teman-teman yang bekerja sama dengan kami selama insiden ini. Dengan bantuan Anda, kami dapat dengan cepat mengidentifikasi masalah utama dan akhirnya menyelesaikannya. Tanpa dukungan dan interaksi Anda, segalanya bisa menjadi jauh lebih buruk. Kami akan mengambil pelajaran dari kejadian ini dan menerapkan penyesuaian pada proses kami untuk memastikan kami tidak mengulangi kesalahan yang dibuat di sini.
Kami juga telah memisahkan pengumuman keamanan dan patch kami dari buletin email kami. Kami merasa ini akan menjadi cara yang lebih baik untuk menyoroti masalah keamanan yang dapat muncul dan menarik perhatian mereka tanpa gangguan konten lain. Kami yakin ini akan membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik seputar konten patch dan ketersediaan rilis keamanan. Anda dapat mendaftar untuk pengumuman di sini.
Terima kasih.
John Eastman
Sekian pembaruan pada rilist Patch Zimbra pada bulan Juni 2022, untuk para pengguna Zimbra, harap segera melakukan proses update patch Zimbra.
Jika para pembaca yang ingin mengetahui ataupun bertanya tentang informasi seputar zimbra untuk kebutuhan server zimbra pembaca lebih lanjut. Silahkan hubungi kami di info@rekha.co.id atau WhatsApp ke 0851-5532-4400
No Comments